Minggu, 21 Januari 2018

Berbagai Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengusir Rasa Bosan



          

          Rasa bosan adalah suatu perasaan yang menjengkelkan. Tidak melakukan apa ada dan bingun untuk melakukan apa apa. Rasa bosan kerap kali dialami oleh sebagian besar orang. Terutama bagi seorang mahasiswa yang sedang liburan semester untuk waktu yang cukup lama.
            Ketika mahasiswa sedang melakukan kegiatan akedemik di kampus memang terlihat selalu sibuk. Ada banyak sekali tugas dan juga buku yang harus mereka baca. Sedangkan hari libur adalah saat saat yang mereka idam idamkan. Namun ketika liburan semester tiba, para mahasiswa tersebut sering kali mengalami perasaan bosan tersebut. Ada yang merindukan kegiatan akademik, ada juga yang merindukan teman mereka karena sebagian adalah seorang perantau. Tentu hal tersebut tidak dapat dilakukan ketika liburan semester tersebut tibal. Belum lagi liburan semester biasanya paling sebentar 1 bulan lebih. Selain itu, biasanya pada saat liburan para remaja atau pun mahasiswa cenderung bermalas malasan. Hal tersebutlah yang dapat memicu kebosanan pada diri. Maka dari itu sangat disarankan untuk menjadi lebih produktif.
            Rasa bosan memang menyebalkan. Namun hal yang lebih menyebalkan lagi adalah ketidaktahuan akan apa yang harus dilakukan ketika mengalami rasa bosan tersebut. Sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Hanya saja sebagian orang mungkin sedikit malas untuk melakukannya. Selain itu untuk mengusir rasa bosa juga harus didukung dengan niatan terlebih dahulu.
            Rasa bosan tersebut terkadang muncul karena mood diri sedang tidak baik. Mood diri yang tidak baik tersebut akan menjadi lebih parah jika ditambah dengan kegabutan yang sering dialami oleh remaja. Untuk mengatasii hal tersebut maka lekukanlah beberapa hal berikut ini untuk mengusir rasa bosan.

  • ·         Mandilah agar badan sedikit segar
 

            Pada saat liburan dan tidak ada rencana apa pun yang akan dilakukan. Biasanya para remaja sedikit malas untuk mandi. Hal tersebutlah yang menjadi suatu penyebab mengapa mood buruk hadir pada diri seseorang. Maka dari itu usahakan untuk mandi pagi setiap hari untuk memperbaiki mood. Setelah mandi pasti rasa segar akan diarasak oleh tubuh dan siap untuk mengawali hari. Dengan mandi, berbagai energy negatif dalam tubuh juga akan pergi.

  • ·         Olahraga ringan
 

            Liburan panjang membuat seseorang memiliki waktu luang juga. Menyempatkan sedikit waktu untuk berolah raga adalah hal yang sangat memungkinkan. Selain itu tubuh akan terlatih dan lebih bugar. Tubuh yang bugar biasanya akan terhindar dari perasaan malas untuk melakukan apa apa. Dengan begitu maka rasa bosan akan menjauh. Cukup olahraga ringan saja yang dilakukan seperti berjalan jalan di taman atau pun bersepeda di sekitar rumah. Sangat dianjurkan melakukannya pada saat pagi hari agar sempat menikmati segarnya udara pagi.

  • ·         Mengasah hobi
 

            Hobi adalah suatu hal yang terdapat bermacam macam jenis dan disesuaikan dengan passion seseorang. Hobi adalah suatu hal yang dianggap cukup menyenangkan untuk dilakukan. Maka dari itu apa bila sedang mengalami rasa bosan dapat mengasah berbagai hobi yang dimiliki. Misalnya saja hobi bermain sepak bola. Hal tersebut sangat bagus karena dapat mengombinasikan olahraga dengan hobi. Atau pun hobi lainnya yang lebih produktif seperti memasak dan melukis juga dapat dilakukan. Hobi sendiri jika diasah terus menerus maka dapat menjadi suatu bakat. Maka dari itu, jika bisa lakukanlah dengan sungguh sungguh

  • ·         Bekerja
 

            Bekerja mungkin menjadi hal yang sudah umum didengar oleh setiap orang. Namun hal tersebut dapat dipilih sebagai alternative pilihan untuk mengatasi kebosanan. Dengan bekerja maka kita akan mendapat pengalaman yang baru dan juga kenalan yang baru. Tentu bekerja memiliki jadwa waktu tersendiri, tetapi dengan bekerja maka kita tidak akan lagi dihantui dengan rasa bosan tersebut. Selain itu dengan bekerja dapat menghasilkan uang untuk ditabung. Namun jika pilihlah pekerjaan yang tidak terlalu berat karena tujuan utama dari bekerja tadi hanya sebatas untuk menghilangkan kebosanan.

  • ·         Bermain bersama teman lama
 

            Bagi mahasiswa ada saatnya dimana sulit untuk bertemu dengan teman kuliah mereka saat liburan semester tiba. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar dari mahasiswa adalah perantau yang setiap liburan panjang memilih untuk pulang ke kampong halaman. Maka dari itu sebagai pengganti dapat menghubungi teman lama untuk bermain. Teman lama tersebut tentunya juga sudah jarang dijumpai karena banyak yang mulai sibuk dengan urusan masing masing seperti kuliah atau pun bekerja.
            Rencanakanlah pertemuan dengan teman teman lamamu. Hal tersebut cukup menyenangkan untuk saling sapa dan bercerita mengenai kesibukan masing masing. Selain bertemu untuk sekedar berbincang bincang juga dapat merencanakan liburan bersama agar kembali dekat.

  • ·         Berkebun
 

            Bagi seseorang yang memiliki sedikit lahan di rumah mereka maka berkebun adalah salah satu cara yang dapat diakukan untuk menghilangkan kebosanan. Berkebun juga dapat memberikan pengalan baru seperti mencangkul tanah agar dapat ditanami, menabur bibir, merawatnya, hingga menikmati panen jika tanaman yang ditanam tersebut mampu menghasilkan buah. Khusus untuk tanaman yang menghasilkan buah dapat memberikan perasaan yang cukup membahagiakan bagi beberapa orang. Hal tersebut dikarenakan perjuangan untuk merawat tanaman tersebut dari awal tumbuh hingga berbuah tidaklah mudah. Sesekali cobalah untuk berkebun karena hal tersebut lebih menyenangkan dari yang dibayangkan.

  • ·         Rawat tubuh
 

            Liburan sendiri merupakan suatu momen yang dinanti nantikan oleh kebanyakan orang seperti pegawai atau pun mahasiswa. Namun, beberapa orang terkadang merasa bingung dengan hal apa yang harus mereka lakukan. Maka dari itu merawat tubuh adalah suatu hal yang dapat dipilih untuk menghilangkan rasa bosan. Selain itu dengan merawat tubuh maka tubuh akan terlihat lebih fresh ketika rutinitas sehari hari tersebut tiba kembali.
            Beberpada cara tersebut mungkin bisa dilakukan ketika sedang mengalami kebosanan. Terlebih lagi kebanyakan cara tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih dan bahkan ada yang menghasilkan seperti bekerja.
            Dengan beberapa cara di atas diharakpan dapat membantu setiap orang yang merasa bingung untuk melakukan hal apa sayang yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa bosan mereka. Memang masih ada berbagai cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengusir rasa bosan tersebut. Namun pastikan cara tersebut masih bersifat positif dan tentunya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Menghilangkan rasa bosan mukanlah suatu hal yang sulit dan hal tersebut bergantung pada kemampuan merubah mood diri sendiri dan juga niat untuk melakukan suatu hal yang produktif.
Load disqus comments

0 komentar